Omong Kosong

Terima Kasih Bye-Bye

5:29 PMHeri Kurniawan

Tulisan ini adalah ungkapan terima kasih untuk para kolega, rekan kerja, dan atasan. Bagaimanapun juga kalian sempat meninggalkan seribu kesan dan jutaan pelajaran. Kucurahkan isi pikiran sebab tak bisa disangkal jalan hidup kita pernah saling berpangkal.

Kita berjumpa di wawancara kemudian menghabiskan separuh hidup saling menyesuaikan diri berharap bisa saling kolaborasi. Kita sesama seniman dikaruniai kepekaan terhadap yang elok, namun sekaligus sensitif bukan kepalang. Dari kalian, aku belajar menghargai perbedaan watak, tabiat dan indahnya kerapuhan. Sapa berubah jadi canda, geram jadi tawa, namun jangan kau lupakan sempat pula jadi benci dan puji. Namun, siapakah kita ini? Sekadar sesama karyawan yang berkarya atas nama seni dan sebungkus nasi.

Syukur bagi setiap jam lembur dan nikmatnya tegukan tenggat. Kerasku kau hancurkan berkeping-keping jadi beling sesal, murka, dan — yang mungkin tak kau kira, semangat juang. Oleh tempaanmu, aku dan kawan-kawan lain bersimbah air mata, muntah, darah, dan keringat tetapi juga ikatan kami semakin erat dan justru terjalin makin kuat. Aku berhutang banyak lewat pertemuan-pertemuan, aturan-aturan, dan janjimu yang terucapkan. Fakta dan dusta bercampur jadi legenda. Ucapan tak bisa jadi pegangan, kujadikan saja sebagai pelajaran.

Kawan, jalan kita berhenti di sini — sekurang-kurangnya untuk sekarang. Kudoakan kau sukses di belantara sana dalam habitat kita yang sempit. Berjuanglah, gapai mimpi, sukses, dan mungkin kelak kita bertemu kembali. Entah pertemuan denganmu sekali lagi sebagai atasanku, rekanan, atau malah bawahan. Tidak ada yang tahu. Di bawah langit ini, semua mungkin terjadi.

Kenanglah! Aku dan kalian sudah menempuh perjalanan jauh, tak boleh dan sekalipun mau — tentu saja tak mudah dilupakan. Kamu dan aku jadi seperti sekarang, sedikit banyak sebab manis pahit petualangan menembus yang dulu tak pernah terbayang. Bila kukenang setiap waktu yang berlalu, aku berhutang dan bersyukur untuk pelajaran berharga dari kalian satu per satu. Tanyakan 1 teladan yang paling berkesan,
Akan kujawab dengan lantang,
Akan kujawab dengan teguh,
Akan kujawab dengan tanpa sesal
Aku belajar beribu pengalaman dan jutaan pelajaran agar TIDAK menjadi seperti kalian.

Tapi barangsiapa yang membunuh naga akan menjadi naga. Kuiring kepergianmu dengan sedih dan sepulas senyum lega. Di atas seluruhnya, setulus hatiku, kubungkus bersama syukur, pengampunan, dan doa. Well, sampe ketemu lagi, terima kasih, bye-bye!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form