Lima Tahun

1:53 AMHeri Kurniawan



Baru-baru ini, selain menggambar dan membaca, akhirnya saya mengakui kepada diri sendiri bahwa ternyata saya juga suka menulis. Saya masih ingat sekitar usia 9 atau 10 tahun ketika mulai mengumpulkan komik bikinan sendiri, dan tulisan-tulisan pribadi dalam bentuk cerpen dan semacam pantun yang 'ga-jelas-ujung-pangkalnya-yang-penting-sok-sok-berima'. Well, bisa dibilang itu majalah handmade pertama saya. Hahaha! Beberapa tahun berikutnya, beberapa cerita pendek saya dimuat di Koran Radar Tarakan dan euforia bahwa tulisan itu diterbitkan dan dibaca banyak orang itu luar biasa membekas! :)

Saya membuat blog orangizenk ini 5 tahun lalu. Saya masih ingat waktu pertama kali mencari username yang nggak boleh terkesan arogan dan sedikit banyak harus pula memberi kilasan mengenai siapa saya. (Mulanya blog ini dinamai 'orangcerdas'. Baunya sombong dan saya sadar diri kalau tidak cerdas-cerdas amat. Hehehe). Kala itu memang tidak ada motivasi tertentu selain iseng mencoba eksis di media sosial baru selain Friendster dengan segala kegemilangan pada masanya. Saya menulis tentang hal-hal baru yang saya pelajari di Jakarta, orang-orang terdekat yang saya sayangi, orang-orang yang membuat saya marah, kebanggaan dan inspirasi saya, ketakutan dan kesepian saya, dan macam-macam lagi. Tulisan atau gambar itu lebih banyak dihasilkan saat saya sangat senang, benar-benar marah, atau luar biasa sedih. Blog memudahkan saya untuk memajang ekspresi-ekspresi tadi dalam wujud cerita, ilustrasi, komik atau video. Beberapa kali blog ini mengenalkan saya kepada banyak teman-teman baru. Melalui blog ini saya mengenal kawan-kawan dari RBC dan Warungsatekamu. Ada beberapa sahabat yang sampai sekarang jadi teman baik via Facebook atau Twitter, meskipun sampai sekarang belum sempat ketemu muka. Kadang-kadang, saya mendapat email bahwa gambar saya dipakai untuk event youth teman-teman dari Sulawesi, Ambon, Papua, dan beberapa wilayah lain Indonesia - bahkan ada juga gambar saya yang dipakai untuk cover undangan pernikahan, loh! Wow! Senang sekali bisa berbagi. Saya jadi berangan agar suatu hari bisa menggaet kolaborasi lebih besar, membuat proyek blog gabungan, atau film, atau video musik, atau hal-hal iseng yang kita gemari. Intinya agar bisa berbagi ke lebih banyak orang lagi. Yeah, who knows? :P

Menulis itu memang tidak gampang namun juga tidak sulit-sulit amat, kok. Menulis itu sesederhana menuangkan isi benak dan pokok pikiran menjadi kumpulan kata yang disebut kalimat, lalu kalimat-kalimat itu, entah bagaimana, tahu-tahu menyusun runut menjadi paragraf. Jadilah tulisan! Oke saya tidak sepenuhnya jujur. Menulis itu gampang, tapi membuat tulisan yang mudah dibaca, diikuti dan dimengerti oleh pembaca itu sulit, tapi nggak berarti itu mustahil jika dilakukan terus menerus dan dinikmati. Sampai sekarang saya sendiri pun masih belajar menulis yang baik. Melalui menulis, saya belajar menempatkan diri untuk mengikuti alur pikir dari pihak pembaca mempersepsikan situasi dengan lebih objektif (dan kadang-kadang di tengah jalan, saya tidak jadi melanjutkan marah-marah lagi. Hahaha). Lewat blog ini, kadang-kadang saya diingatkan dan disindir bahwa tanpa sadar saya jatuh ke lubang yang sama tempat saya terpuruk beberapa waktu lalu. Dengan blog ini saya bergidik geli melihat postingan yang tanpa sadar melansir terang-terangan sisi alay saya, menyesal membaca setiap posting bernuansa skeptis dan sinis, dan bersyukur mengingat bahwa ada tangan Allah memimpin menyusuri tonggak-tonggak achievement yang dianugerahkanNya.

Meskipun banyak memuat hal-hal relijius, orangizenk bukanlah blog rohani. I'm just like everybody else my age. Saya masih belum imun bikin dosa dan nggak jarang mengumpat hampir di setiap posting. Saya membuat blog ini sekedar iseng menuliskan apa yang menyesakkan kepala saya dan berharap pengalaman yang dituliskan itu suatu saat akan mengajari saya kembali. Tapi saya turut senang kalau ternyata beberapa bagian juga menguatkan dan mendukung teman-teman yang juga memiliki pergumulan yang nyaris sama. Saya berterima kasih buat teman-teman yang rajin berkunjung serta mengapresiasi lewat komentar atau Facebook atau Twitter. Saya juga minta maaf buat teman-teman yang sakit hati bahkan kecewa karena tulisan kasar saya - niatnya baik, kok. Hehehe. Walau mungkin kita belum saling kenal pun tak mengapa, saya berharap melalui keisengan sederhana yang mampu saya tuangkan ini, Allah yang makin terkenal dan dimuliakan. Ada amin? :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form