Review

Indonesia Sabet 5 Medali Emas di ASEAN Skill Competition

5:29 PMHeri Kurniawan

Ramdhan Muhaimin - detikNews

Kuala Lumpur - Riuh tepuk tangan dan sorak sorai bangga para pendukung Indonesia meramaikan suasana di Ceremony Hall, Kuala Lumpur setiap kali nama peserta dari Indonesia dipanggil dalam acara penutupan ASEAN Skill Competition ke-7. Dalam ajang bergengsi yang mengadu kemahiran tingkat regional dua tahunan itu, kontingen Indonesia berhasil menyabet 5 medali emas.

"Ini hasil yang sangat memuaskan. Meski perolehan medali emas selisih satu dibanding dengan dua tahun lalu. Tapi secara keseluruhan kita prestasi kita bertambah," ujar Ketua Tim Kontingen Indonesia Abdul Wahab Bangkona di sela sela acara penutupan dan pengumuman perolehan medali dalam ASEAN Skill Competition ke-7 di Kuala Lumpur, Malaysia (18/11/2008).

ASC ke-7 tahun ini memperlombakan 19 kategori, yaitu bricklaying, cabinet making, Computer Aided Design and Drafting (CADD), cooking, electrical installation, graphic design technology, IT/software application, industrial electronics, joinery, ladies dressmaking, mechatronics, plumbing, restaurant service, refrigeration, wall and floor tiling, web design, automobile technology, beauty theraphy, dan welding.

Lima medali emas yang diperoleh Indonesia berasal dari ketegori Ladies Dress Making (I Nyoman Bayu), Cabinet Making (Muhammad Abidin), Web Design (Krisna Ranggabuana), Bracklaying (Edi Suwiknyo), Graphic Design (Heri Kurniawan), Lima medali perak diperoleh berasal dari kategori Electrical Installation, Restaurant Service, Computer Aided Design and Drafting (CADD), and Cooking. Sedangkan empat medali perunggu berasal dari kategori Computer Aided Design and Drafting (CADD), Graphic Design, IT/Software Application, and Automobile Technology.Selain ketiga medali tersebut, Indonesia juga memperoleh penghargaan 16 diploma.

Wahab menjelaskan, secara keseluruhan medali dan penghargaan yang diperoleh kontingen Indonesia merupakan yang terbanyak dibanding kontingen dari negara lain. "Dari 38 anggota kontingen kita, 30 diantaranya yang dapat medali dan penghargaan," ungkapnya. Wahab mengatakan, sebagai bentuk apresiasi penghargaan terhadap anak-anak muda yang berprestasi dalam ASC ini, pemerintah memberikan pilihan yang boleh diambil, yaitu berupa beasiswa untuk melanjutkan studi di dalam negeri atau magang di Jepang selama 3 tahun.

"Ini tawaran-tawaran yang diberikan oleh pemerintah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah Jepang sangat welcome. Bahkan di antara mereka juga sudah ada yang ditawari kerja oleh negara lain. Itu kami serahkan kepada yang bersangkutan," cetusnya. Peserta pemenang medali emas dalam kategori Web Design Krisna Ranggabuana (20) mengaku sangat bangga dapat mengharumkan nama Indonesia dalam ajang tersebut. Mahasiswa semester tujuh Universitas Bina Nusantara itu mengatakan akan memilih untuk melanjutkan studi. "Sejak awal saya sudah optimistis. Saya senang sekali. Kemungkinan saya akan ambil pemberian beasiswa dari pemerintah," cetusnya. Berbeda dengan Krisna, Edi Suwiknyo (20) lebih memilih untuk mengambil magang di Jepang. "Saya senang sekali akhirnya kerja keras selama satu tahun ini ada hasilnya. Saya belum pikirkan, tapi saran pelatih agar saya ambil magang di Jepang," ujar pelajar lulusan SMK Negeri I Jenangan Ponorogo itu yang memenangkan medali emas untuk kategori Bricklying.

Dalam kompetisi serupa yang digelar sebelumnya di Brunei Darussalam pada 2006, tim Indonesia berhasil menyabet 6 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu dengan menempati posisi juara umum ke-2. Para peserta tersebut umumnya berusia dibawah 21 tahun sebagai syarat keikutsertaan. ASC ke-8 selanjutnya akan digelar di Thailand pada 2010 mendatang.

Rabu, 19/11/2008 10:43 WIB detik.com

(speechless) ... Pokoknya Tuhan Yesus keren banget lah...! Thank God buat semuanya! Puji Tuhan! Haleluya!! Makasih juga buat semua teman-teman yang selama ini dukung dalam doa, buat smua sodara-sodara ASC7 ini, buat semua expert & trainer, Bapak Ibu Depnakertrans, DKV Binus, Stikomp Surabaya, pokoknya semuuuuuaaaaaanya deh!! =)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form