Motion Graphic Review

Astro Boy

11:40 PMHeri Kurniawan


2 hari yang lalu nonton Astroboy di TA bareng beberapa temen sekelas. Astroboy dibikin sama Ozamu Tezuka yang dikenal juga dengan nama Tetsuwan Atomu ato Mighty Atom di Jepang. Ceritanya tentang robot anak kecil baik hati yang dibuat sama profesor. Bayangin kayak kepolosan Pinokio digabung sama kesaktian & kecerdikan Peter Pan, hehe! Astroboy udah jadi salah satu ikon culture Jepang, mungkin kayak Superman yang jadi ikon Amerika. Ga cuma terkenal di negeri asalnya, Astroboy juga goes international bahkan sampe Amerika juga. Makanya ga heran kalo impact-nya Manga ini gede banget buat culture ikonik Jepang. Salut buat David Bowers, director film ini yang ngerti banget kalo Astro dan Jepang ga bisa dipisahkan, walopun dikemas dalem film Hollywood keluaran IMAGI.

Kalo kamu udah nonton film ini, karakter robot, gedung, teknologi dan leluconnya khas ala barat. Tapi bau Jepang kayak Metrocity yang pake Gunung Fuji, Pohon sakura yang lagi bersemi, beberapa karakter muka orang Jepang kebanyakan, dan Cameo Ozamu Tezuka di Film ini udah kayak satu tribute khusus buat Jepang dan mangaka(creator)-nya sendiri.

Semester ini, aku dapat mata kuliah Desain Karakter & DKV II-Classical Animation dan poin yang sama yang didengungkan dalam 2 mata kuliah ini sama : We still confuse about our identity. Karya-karya Indonesia masih bingung nyari identitasnya. Belum muncul gaya gambar dengan citarasa khas lokal padahal banyak banget kekayaan budaya asli Indonesia yang belum diangkat. Ini PR buat aku, kelasku dan kita semua: bikin Indonesia terkenal di dunia lewat media. Haha! Bakal jadi tugas yang berat tapi menantang, nih!

Source Image: Google

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form