Catatan Pemikiran

Semakin Saya Tahu, Semakin Saya Tidak Tahu

12:47 AMHeri Kurniawan

Apa bedanya langit dan bumi? Apa bedanya tangan kanan dan tangan kiri? Apa bedanya hitam dan putih? Kebanyakan kontradiksi serupa merupakan masalah kecil seperti memisahkan air dan minyak. Namun di antara banyak realitas, masalah tidak selalu menampakkan wajahnya dengan pemaparan yang jelas. Masalah memilih mendekap di sudut ruang lalu perlahan menyelinap menerkam manusia dari dalam dirinya sendiri atau melibas dari luar.

Setiap orang punya masalah masing-masing. Tidak peduli latar belakang, kasta, kedudukan, agama, strata sosial, sampai tingkat ekonomi. Saya punya masalah. Anda punya masalah. Semakin banyak yang saya ketahui, semakin saya sadar bahwa sebenarnya saya tidak tahu apa-apa. Parahnya, berbekalkan ketidaktahuan tersebut, manusia tanpa sadar saling menambah masalah satu sama lain. Hidup ini sudah susah, jangan dibuat tambah susah. Jangan sampai orang tambah masalah gara-gara harus berurusan dengan kamu, lalu mengutuki hari pertama perkenalan kalian. Sebaliknya, sesama orang bermasalah hendaknya kita saling menopang dan membantu menyelesaikan masalah. Mumpung sama-sama masih hidup di dunia.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form