Catatan Inspirasi

Stasiun

10:43 PMHeri Kurniawan


Saya anak Tarakan, Kalimantan Timur. Sejak lahir, dibesarkan dan menyelesaikan pendidikan sebagai siswa di kota kecil di perbatasan tersebut. Ya, sudah tentu tidak ada stasiun kereta apa pun di pulau Tarakan. Pengalaman pertama kali saya naik kereta adalah saat menginjakkan kaki ke Jakarta dari Surabaya pada 2007. Kala itu adalah awal saya mengenal DKV Binus University.

Di stasiun, penumpang tiba dan berangkat silih berganti. Satu kereta datang, singgah sebentar lalu pergi. Demikian pula dalam proses belajar dalam hidup. Suatu hari kita berangkat bersama dengan orang-orang di sekitar yang bertujuan serupa. Sepanjang perjalanan kereta, melalui interaksi dan tukar sapa, orang asing berubah menjadi kenalan, teman menjadi sahabat dan melalui mereka, kita pun semakin mengenali diri kita sendiri. Stasiun menjadi titik-titik perhentian untuk mereka yang singgah sebentar atau bahkan berganti rute meninggalkan kita. Stasiun adalah tempat pertemuan sekaligus tempat perpisahan perjalanan masing-masing orang.

Anugerah yang luar biasa bahwa saya dapat mengecap perkuliahan di Animasi DKV Binus University. Tak terhitung segenap dosen, sahabat atau sekedar kenalan sepanjang perjalanan saya yang bertukar pengalaman, berbagi kesenangan, menampung kesedihan dan dalam semua hal, mengajarkan banyak hal kepada saya. Menyelesaikan tugas akhir film pendek animasi “Keripik Sukun Mbok Darmi” ini adalah sebuah kelegaan yang tak terkira sekaligus rasa haru karena tandanya sebentar lagi tibalah saya di sebuah stasiun. Meskipun ini bukanlah stasiun akhir, melainkan sebuah rute baru yang menempuh perjalanan baru berikutnya. Mungkin kelak bertemu kembali dengan penumpang yang sama atau kesempatan berkenalan dengan penumpang baru di rute tersebut, lalu bersama-sama menempuh kilasan-kilasan perjalanan, dan kemudian tiba di stasiun lainnya. Well, barangkali justru disanalah terletak seni menikmati perjalanan naik kereta. Benar, kan? :)

Diposkan setelah menyelesaikan Sidang Akhir, 20 Juli 2012.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form