featured Omong Kosong

Menguji Panggilan

12:48 AMHeri Kurniawan



Akankah terasa berbeda antara mendengar panggilan Allah yang spesifik secara langsung dibanding sejauh yang hati kita yakini saat ini? Maksud saya — akankah semuanya berbeda jika Allah memanggil Abraham tak audible? Bagaimana seandainya bagi Musa tak ada semak yang menyala di gunung dan tak pernah ada argumen yang melibatkan aksi tangan seputih salju dan tongkat menjadi ular? Akankah kita lebih taat dan percaya jika Allah berbicara langsung dan melalui tanda-tanda ajaib yang dahsyat dan ajaib dibanding suara sayup-sayup dalam hati kita? Atau justru ketika mendengar panggilanNya, kita malah berlayar menuju Tarsis alih-alih menuju Niniwe?
Jikalau kelak didapati langkahku terhadap panggilanNya keliru, bersediakah Allah bertindak lagi membuka lidah keledai berbicara untuk menghentikan perjalanan yang terkutuk atau turunkah lagi cahaya cetar membutakan diiringi suara membahana di tengah perjalanan ke Damsyik? Hadirkah Allah memperingati dalam mimpi untuk ambil jalan pulang memutar dan absen dari Herodes? Sanggupkah Allah mengutus malaikatnya lagi dengan salam yang spektakuler ketika aku mengirik gandum di tempat pemerasan anggur? Bagaimana kita bisa yakin bahwa benar Allah yang dulu seolah jelas memanggil dan mengarahkan ke suatu tempat kemudian kini seolah membelokkan tajam ke arah yang sepertinya berlawanan?

Aku dengar sekali lagi samar terdengar di pemutar musik, "Jalan Tuhan bukan jalanmu... aku tak tahu hari esok namun langkahku tetap sebab tangan Tuhan yang pegang... Allah sanggup membuat segala sesuatu indah pada waktunya". Hatiku mencelos dan napas kuhela. Benarkah jalan yang kutempuh selama ini, seperti yang kupercaya selama ini, sesuai dengan panggilanNya? Benarkah ini panggilanNya atau aku hanya keliru dengar karena telinga berselimut kebebalan dan hati menebal bersalut ambisi? Mungkinkah sebaiknya aku pesan online guntingan bulu domba biar dapat kubentangkan di balkon kos?

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form