Catatan Inspirasi

Che Fan Le Ma?*

11:12 PMHeri Kurniawan

Setiap orang butuh makan. Kalau telat atau lupa makan, manusia bakal lemes, gampang sakit, capek, males ngapa-ngapain bahkan lama-lama bisa mati! Tapi juga bukan asal makan. Musti makan makanan yang bener. Bukan makanan yang suka ditambahin pewarna dan pemanis buatan. Bukan pula makanan ringan, makanan cepat saji, makanan sisa yang dipanasin berkali-kali; tapi makan makanan yang segar, sehat, yang bener dalem artian punya asupan gizi dan vitamin yang seimbang buat konsumsi dan keadaan tubuh.

Kerohanian kita juga gitu. Roh kita perlu diberi makanan rohani: Firman Tuhan. Waktu kita mulai suka ngeremehkan Firman Tuhan, misalnya lewat waktu teduh yang bolong ato ga rutin ato bahkan ga pernah saat teduh sama sekali! Bahaya looh! Ntar bisa gampang sakit kena serangan si jahat, ngerasa kering dan layu rohani, sampe akhirnya mati dan ga bertumbuh-bertumbuh lagi!


Tapi juga bukan asal makan rohani! Musti makan "makanan" yang bener. Ada banyak pengajaran yang ber"label"kan makanan bagi jiwa. Udah banyak "makanan yang pake pemanis dan pewarna buatan" kayak cerita dan janji kemakmuran yang ga jelas asal konteks dan siapa yang janjiin (yang penting rame, seru dan asik). "Makanan ringan" yang digemari para bocah-bocah rohani yang berketetapan untuk kerdil iman. "Makanan cepat saji" yang bobot dan nilai-nya murahan. "Makanan sisa yang dipanasin berkali-kali" buat mereka-mereka yang puas dengan kondisi mereka dan menyombongkan kemegahan pengalaman rohani saat "purbakala" dulu.

Firman Tuhan dengan kemurnian paling murni, ga bukan ga lain ya Alkitab itu sendiri. Itu diperlukan biar kita agar rohani kita dikenyangkan dan kita bertumbuh setiap hari. Biar puas "makan"nya, sediakan waktu untuk menikmatinya bersama Allah lewat waktu teduh setiap hari. Miliki rasa lapar akan Firman-Nya, dan jangan lupa olahraga dengan melakukan Firman-Nya tiap hari, biar tumbuh besar, sehat, & ga diabetes-kolesterol-an! =) 

 "But his delight is in the law of the LORD,
and on his law he meditates day and night. "
- Psalm 1:2 

 *Sudah makan belom?
** Nulisnya abis pulang dari SP-KK-MHB Bab II:Waktu Teduh

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form