Catatan Inspirasi

Worth A Thousand Words

12:22 AMHeri Kurniawan

Sebuah frase mengatakan "A picture is worth a thousand words".Istilah yang mengacu suatu ide kompleks yang dideskripsikan melalui ratusan bahkan ribuan kata, cukup terwakilkan hanya dengan sebuah gambar yang tidak bergerak. Terminologi dalam perkuliahan biasanya lebih familiar dengan istilah : bahasa visual. Jika cuma dengan gambar 2 dimensional, sudah cukup mewakili substansi dari ribuan gagasan dalam teks, apalagi Sculpting salah satu cabang dari visual art yang mengutamakan komposisi suatu sosok figur atau keruangan. Mata kuliah yang mengkombinasikan unity, keseimbangan dan layout dari space and time.

Tuhan menjadikan setiap ciptaan, termasuk kita dengan keunikan tersendiri. Lalu setiap ciptaan pun memiliki fungsi organ tubuh yang istimewa. Tangan terdiri dari lengan, sendi dan jari-jarinya. Suatu sistem gerak yang kompleks. Jika kita melihat setiap bagiannya, seluruhnya sebenarnya tersusun atas bentuk-bentuk sederhana. Tabung, kubus, bulat, kerucut dan sebagainya. Demikian pula dengan kepala manusia yang merupakan anggota tubuh utama dengan segala keunikannya. Di kepala terdapat hampir seluruh organ indera manusia : penglihatan, penciuman, pengecapan, dan pendengaran. Seiring dengan usia manusia yang semakin tua, muncul kerutan kulit di sekitar wajah. Di satu sisi menunjukkan kearifan hidup dan disisi lain menceritakan perjalanan hidup seseorang. Terkadang gesture, ekspresi mimik dan komposisi keseluruhan gerak tubuh manusia dapat bercerita lebih banyak mengenai aksi yang seseorang lakukan daripada ungkapan verbal semata. Keseluruhan artikulasi otot, keseimbangan gerak tubuh dan kaitannya terhadap komposisi bidang, ruang dan waktu menciptakan persepsi audiens terhadap objek di hadapannya.

Dalam tugas mandiri mata kuliah Sculpting ini, setiap mahasiswa ditugaskan membuat sosok figur Full-Body dari opposite gendernya. Tentu saja tugas yang diminta agar hasilnya dapat serealis mungkin ini membutuhkan ekstra upaya. Ekstra sketsa untuk asistensi persetujuan pose, ekstra effort untuk mencari pustaka dan referensi tentang konsep gaya, ekstra tenaga untuk membengkokkan kawat kerangka utama, ekstra keringat dan ekstra waktu.

Saya sendiri menikmati setiap proses pencarian tersebut. Dari sini, cukup banyak yang dapat dipelajari mengenai anatomi dari tubuh manusia yang sering dianggap sepele dan bahkan bagi sebagian orang hanya jadi obyek pemuasan birahi belaka. Saya menikmati standar nilai yang tinggi. Saya mengambil hikmah dari sebuah tindakan gegabah karena emosi sesaat dari pihak eksternal yang untungnya terselesaikan walau dibayar dengan harga yang sangat mahal. Saya mengagumi keagungan dan keanggunan para penari Pendet dalam pelestarian satu lagi akar budaya lokal Bali. Saya terpukau dengan teknik pengerjaan dengan logika kreasi penciptaan. Rangka kawat, diisi dengan rusuk, tengkorak, tulang, lalu beranjak otot dan terakhir finishing dengan lapisan kulit. How awesome has God created our body! Bahkan saya pun menikmati kegagalan untuk meraih poin lebih karena kekurangan fatal dari figur yang saya kumpulkan. Mengutip ungkapan dari seorang dosen, bahwa dalam pembelajaran perkuliahan value (nilai) jauh lebih berharga daripada sekedar angka (mark). Walau tidak menepis Mark sebagai pembuktian akan Value yang dimiliki. Ketika manusia mengejar Value, bahkan lewat kegagalannya, itulah yang membedakan dirinya dari sekedar hewan!

Tugas mata kuliah ini lebih dari sekedar onggokan plastisin di atas lilitan kawat yang disangga sebilah papan triplek. Ada hasil memukau dibalik semua kerja keras ini. Ada sejumlah konsep, filosofi dan pembelajaran yang sangat berharga yang saya dapatkan selama proses perkuliahan semester ini, dan yang terpenting ada pesan yang harus ditangkap oleh kesepakatan persepsi audiens saat melihat karya ini. Itulah tonggak yang dianggap sebuah bentuk keberhasilan. Saat ide itu dituangkan lewat sesosok figur dan dengan sekejap, bahasa visual dimengerti secara jelas. Sekali lagi, mari kita mengkaji ulang istilah di atas, "Jika gambar lebih bernilai ribuan kali daripada kata-kata, bandingkan dengan komposisi pose manusia yang dapat dieksplore dari berbagai lekuk sudut."

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form