Catatan Kontemplasi

Berjuang

6:00 AMHeri Kurniawan


Saya berjuang karena saya tahu yang saya perjuangkan itu sangat berharga dalam hidup saya. Sedemikian berartinya sampai-sampai demi hal tersebut, saya rela habis-habisan mengorbankan waktu, tenaga, uang, dan seluruh hak saya yang lainnya demi hal tersebut.

Saya berjuang karena saya sungguh-sungguh mengharapkan apa yang saya lakukan ini kelak akan menghasilkan buah yang ranum dinikmati. Berbuah sepuluh kali lipat, tiga puluh kali lipat bahkan seratus kali lipat. Tuaian berlimpah yang layak untuk diperjuangkan dengan tekun.

Saya berjuang karena saya sadar jika saya berhenti berjuang, dunia yang terpuruk ini akan terus menerus coba memisahkan dengan kejam. Kehilangan pasti datang tak diundang, tapi saya tak rela menjamunya lebih dini.

Saya berjuang karena saya tidak mau mengulangi kegagalan dan kebodohan di masa lalu. Terlalu banyak yang saya sia-siakan dan sekedar penyesalan tidak mampu mengubah keadaan.

Kendati nyata kelak sebenarnya perjuangan saya jauh dari sempurna. Masih ada banyak hal yang ternyata secara sadar belum saya korbankan, atau kekecewaan karena tuaian sejauh ini tidak memuaskan harapan, atau tidak dapat tertangguh, kehilangan buru-buru datang menjemput, atau kebodohan menyeret saya ke dalam lubang yang sama.

Karena mungkin perjuangan sebenarnya adalah sebuah bentuk memaknai ulang. Benar, bahwa sesuatu yang berharga, selalu layak untuk diperjuangkan, namun sekaligus juga berarti bahwa oleh sebab diperjuangkanlah, sesuatu yang tidak layak menjadi berharga. Bahkan sekalipun tidak ada lagi alasan realistis atau masuk akal yang melayakkan saya terus melanjutkan perjuangan tersebut, saya akan berjuang demi alasan yang irasional dan abstrak. Sebuah alasan yang mampu menembus segala dimensi rasio dan rupa-rupa idealisme. Harapan yang tak lekang oleh waktu dan terus bertahan saat segala sesuatunya habis lenyap.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form