Kontemplasi Pemikiran

Yang Tidak Kuketahui

4:46 PMHeri Kurniawan


Kita merekonstruksi yang tidak ketahui berdasarkan apa yang kita ketahui. Ambillah contoh gambaran-gambaran mengenai masa depan yang dilukiskan oleh masa lampau sebelumnya.  Sebagian mungkin benar atau bahkan cenderung akurat, tetapi lebih banyak yang tak sesuai. Seperti menonton film jadul bertema masa depan. Ketika mobil bisa terbang berseliweran di angkasa namun menanti pesan terkirim melalui faks; Atau ketika manusia menyaksikan pertunjukan lewat hologram, namun masih saling bertelepon dengan corong dan mikrofon. Dalam ketidakpahaman, kita melukis keadaan di masa depan dengan gambaran yang terbatas dan tak sempurna dengan ikatan-ikatan yang kita ketahui di masa sekarang.

Setiap menjelang akhir tahun, aku menanti pergantian dengan perasaan yang tertahan. Mengira-ngira masa depan dengan optimisme sekaligus ketakutan. Aku membawa-bawa beban masa kini dan merefleksikan pantulannya ke masa yang akan datang dengan gambaran yang samar-samar. Mungkin tentang keluarga, karir, persahabatan, pasangan, atau perasaan aman. Sampai suatu saat, masa depan yang mencekam di masa lalu berubah menjadi masa kini, ternyata tak sengeri yang aku kuatirkan. Menilik ke belakang, yang kutakutkan telah berubah menjadi yang kusyukuri, yang kutertawakan, yang kukenang atau mungkin sekedar kusesalkan. Namun pasang surut gelombang kehilangan dan perubahan tak berhenti. Mereka terus menerus datang. Perpisahan dan pertemuan tak terhindarkan. Akhir dan awal berulang menari sampai akhir. Walau memang tak selalu seperti yang didamba, yang kupikir tak akan terganti, ternyata kehilangannya tak seberapa; yang semula kupikir tak bisa hidup tanpanya, ternyata hidup selalu punya cara melanjutkan putarannya,

Di atas semuanya, masa depan tak mampu kita mengerti seutuhnya. Tak ada yang mampu membedah masa yang akan datang dengan detil dan menjabarkan isi perutnya dengan telaten. Meski tak sepenuhnya kita mengerti, Allah tetap memegang kendali. Tak pernah berubah, dan tak pernah meninggalkan. Gelombang pasang surut akan datang dan pergi seiring putaran dunia, namun matahari tak bergeming di tempatnya. Demikian - aku menguatkan diri, yang tidak kuketahui mendorongku menaruh harapan sekali lagi hanya pada Yang kupercayai.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form