Catatan

Ebenhaezer: Sampai Sekarang Tuhan telah Menolong Kita

11:49 PMorangizenk

Perubahan waktu dan peredaran bumi mengitari matahari memengaruhi kebiasaan hidup semua makhluk. Pohon-pohon serempak bertunas menyambut musim semi, dan jenis hewan tertentu serentak bermigrasi berkilo-kilometer dari satu belahan bumi ke belahan bumi lainnya menjelang musim dingin. Tapi tidak ada makhluk hidup yang begitu terobsesi menandai pergantian waktu selain manusia dengan segala ritualnya. Kita sepenuhnya mengerti bahwa waktu yang berlalu tidak bisa diulang kembali, tapi toh kita merayakan tanggal khusus dengan memakan makanan khusus, mengenakan pakaian khusus, menyanyikan lagu khusus, sampai menyalakan lilin khusus untuk setiap occasion yang berbeda.

Di 1 Samuel 7, Alkitab mencatat peristiwa ketika Israel berseru kepada Allah atas penindasan Filistin. Setelah 20 tahun terus berdoa, mereka diperintahkan Samuel berkumpul, berbalik dari berhala kemudian mengabdi kepada Allah, dan memberi persembahan. Melihat Israel berkumpul, raja-raja Filistin bersepakat menyerang mereka sekaligus. Lalu, apa yang dilakukan bangsa yang lemah dan terkepung ini? Nggak ada, kecuali yang seperti yang tertulis: “Janganlah berhenti berdoa kepada Tuhan Allah kita supaya kita diselamatkan-Nya dari orang Filistin.” (ayat 8). Di akhir perikop, kita membaca bahwa ketika Filistin menyerang, Tuhan sendiri mengguntur dari langit, mengacaubalaukan tentara Filistin, dan membebaskan Israel dari penindasan. Samuel kemudian mendirikan sebuah tugu batu sebagai penanda peristiwa itu dan menamainya: Ebenhaezer, yang berarti “sesungguhnya sampai sekarang Tuhan telah menolong kita”.

Dalam menandai pergantian musim, mengulang ritual tertentu bagi pohon dan hewan adalah aksi bertahan hidup. Namun bagi manusia, apakah ada fungsi lain dari anniversary-an sampai monthversary-an selain pengingat pemberian dan sang Pemberi hidup itu sendiri? Dalam musim yang sukar seperti saat ini, ritual seperti ulang tahun membantu kita untuk mengingat pertolongan Allah di masa lalu, memercayai penyertaanNya di masa sekarang, dan memenuhi hati kita dengan damai karena yakin Tuhan masih terus bekerja melalui kita dan orang-orang di sekitar kita.

Kutulis sebagai pengantar Worship Plan ibadah perayaan ulang tahun BCS Central Park ke-10

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Coffee Treat

Saya memberikan lisensi GAMBAR ILLUSTRASI dan WALLPAPER yang ada di blog ini di Attribution-NonCommercial-ShareAlike CC BY-NC-SA. Singkatnya, kamu bisa pakai, remix dan edit karyamu berdasarkan gambar illustrasi dan wallpaper yang saya buat dan post di blog ini secara gratis untuk projectmu secara NON-KOMERSIL. Kamu nggak mesti mencantumkan sumbernya, tapi saya bakal seneng banget kalo kamu cantumkan :)

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu-ragu kontak saya di: himself@herikurniawan.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Form